Rabu, 25 Februari 2015

Bagian 2 : Kebiasaan Menyanyi yang Baik

Bagian 2 dari 4: Kebiasaan Menyanyi yang Baik

  1. Sing Step 5 Version 2.jpg
    1
    Berdiri tegak! Memperbaiki postur sangatlah membantu maka berdirilah dengan satu kaki sedikit lebih kedepan, kaki selebar bahu. Ini akan membuat napas Anda semakin mudah dan memperbesar udara yang masuk ke paru-paru untuk penadaan dan pelafalan yang lebih baik.
    • Berdiri dengan tegak, lemaskan bahu Anda. Pastikan dada Anda cukup tinggi untuk memberi ruang bagi paru-paru untuk berkontraksi. Rileks saja.
    • Jika Anda dalam posisi duduk, hal yang sama tetap berlaku! Pijakkan kedua kaki Anda pada lantai-- jangan menyilangkan kaki Anda. Menjaga badan Anda tetap tegak dapat membantu Anda bernyanyi tanpa kesulitan.
  2. Sing Step 5.jpg
    2
    Bernapas dengan benar. Suara Anda dapat diibaratkan seperti alat musik tiup, karena napas Anda berperan sebesar 80% dalam menyanyi, dan cara bernyanyi yang baik dimulai dan diakhiri dengan teknik pernapasan yang benar. Gunakan pernapasan perut pada saat mengambil napas, dan tekan keluar pada saat membuang napas.
    • Jika Anda bernapas melalui dada, Anda akan kesulitan pada saat menyanyikan nada tinggi.
    • Berlatih dengan cara lama: Berbaringlah di tanah dan letakkan sebuah buku di atas perut Anda. Nyanyikan beberapa nada, dan cobalah untuk membuat buku tersebut naik ketika Anda menyanyi atau membuang napas.
  3. Sing Step 7.jpg
    3
    Berlatih pemanasan suara. Sebelum Anda mulai menyanyi atau melakukan latihan, sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan suara terlebih dahulu. Cobalah ini: nyanyikan nada tengah, rendah, lalu tinggi, kemudian ulangi lagi.
    • Anda sebaiknya menghabiskan waktu paling sedikit 10 menit untuk pemanasan dan jangan paksakan suara Anda jika Anda tidak dapat mencapai nada tertentu. Rileks, dan coba lagi. Beberapa hal yang dapat Anda latih:
    • Dinamika: Dinamika adalah variasi dari kekuatan suara Anda. Bahkan penggunaan dinamika yang sederhana dapat membuat sebuah lagu lebih hidup, dan semakin Anda berlatih, semakin kuat dan lembut suara yang Anda keluarkan pada saat menyanyi. Nyanyikan beberapa nada dan mulai dengan lembut, lakukan crescendo untuk memperkuat suara Anda lalu decrescendo untuk memperlembut suara Anda. Pada awalnya mungkin Anda hanya dapat menyanyi dari “mp” (mezzo piano, atau sedikit lembut) sampai “mf” (sedikit kuat), tapi kemampuan Anda akan meningkat dengan latihan.
    • Kecepatan—Lafalkan “do re mi”. Coba menyanyi dari “do” ke “sol”, lalu kembali ke “do” dengan cepat dan lakukan berulang, coba untuk melafalkan semua nada tersebut. Lakukan hal ini dengan menambahkan beberapa nada dan pelafalan yang berbeda. Ini akan membuat suara Anda lebih fleksibel.
  4. Sing Step 8.jpg
    4
    Lafalkan huruf vokal secara benar. Berlatih mengucapkan seluruh huruf vokal di semua nada yang berbeda (rendah, tinggi, atau di tengah-tengah). Dalam bahasa Inggris hanya ada beberapa huruf vokal murni. Biasanya, kita akan menemukan huruf vokal rangkap.
    • Dalam menyanyi musik klasik, penyanyi biasanya akan memanjangkan nada pada huruf vokal pertama lalu menyanyikan nada vokal kedua bersamaan dengan huruf konsonan berikut. Dalam musik country, penyanyi cenderung melewatkan nada vokal pertama dan memanjangkan nada vokal kedua.
      • Contohnya: Seorang penyanyi klasik akan bernyanyi “Am[aaaaaaai]zing Gr[aaaaaai]ce” dan penyanyi country akan bernyanyi “Am[aiiiiiii]zing Gr[aiiiiii]ce”.
    • Jika Anda mampu, selalu nyanyikan vokal pertama selama mungkin yang Anda bisa sebelum bergerak ke vokal berikutnya.
    • Berikut beberapa vokal murni untuk latihan : AH seperti pada "father", EE seperti pada "eat", IH seperti pada "pin", EH seperti pada "pet", OO seperti pada "food", UH seperti pada "under", EU seperti pada "could", OH seperti pada "home".
  5. Sing Step 9.jpg
    5
    Berlatih tangga nada. Sering-seringlah berlatih, terutama jika Anda memiliki masalah dalam pitch. Kebanyakan pelatih menyarankan berlatih selama 20-30 menit per hari pada awalnya, karena berlatih tangga nada akan memperkuat otot leher yang digunakan untuk menyanyi.
    • Untuk berlatih tangga nada, tentukanlah jarak vokal Anda (tenor, baritone, alto, soprano, dan lain lain) dan cari cara untuk menemukan nada-nada piano yang sesuai dengan jarak vokal Anda. Lalu berlatihlah tangga nada mayor di setiap nada dasar, bergerak ke tinggi dan rendah dengan menggunakan pelafalan huruf vokal.
    • Anda juga dapat berlatih tangga nada minor. Solfege (Do, Re, Mi,...) juga merupakan alat yang efektif untuk mengatasi masalah pitch.

    sumber : http://id.wikihow.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar